KAMPUS BMG – Rapat kedua persiapan pelaksanaan Seminar Internasional yang akan digelar STIKES Bina Mandiri Gorontalo berkolaborasi dengan Poltekkes Gorontalo, digelar Senin (17.06) kemarin. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.
“Pada pertemuan kedua ini, tujuannya adalah membahas tentang tema Seminar Internasional, topik-topik kajian pada saat semnar, waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanaan kegiatan serta keynote speaker dan para pakar dari dalam dan luar negeri yang akan dihadirkan,” kata Wakil Ketua STIKES-BMG, Dede Sutriono, S.Si.
Berdasarkan hasil rapat tersebut, kata Dede, tema yang akan diangkat pada Seminar Internasional ini adalah; Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Era Revolusi Industri 4.0. “Ini tema umum, yang relevan dengan program Nawacita ke-5 Presiden RI. Sedangkan topik kajiannya adalah menyangkut masalah stunting, quality care, etna community pharmacy, dan health quality service,” jelas Dede.
Untuk para pakar yang akan dihadirkan, kata Dede, relevan dengan bidang kajian yang sudah dibahas dalam rapat. Dan untuk waktu pelaksanaannya Seminar Internasional ini, direncanakan pada tanggal 14 Desember 2019. “Untuk tempat pelaksanaannya direncanakan di Gorontalo Palace Convention Center. Kita merencanakan kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI. Sementara pembicara luar negeri diantaranya dari NTUNHS Taiwan, ada juga dari SEAMEO RECFON,” kata Dede.
Dibahas juga pada rapat tersebut, tentang target jumlah peserta yang akan ikut dalam kegiatan Seminar Internasional ini. “Kita menargetkan 1000 peserta yang terdiri dari mahasiswa STIKES-BMG dan Poltekkes Gorontalo dan mahasiswa lainnya dari perguruan tinggi yang menyelenggarakan Prodi bidang kesehatan. Untuk mencapai target tersebut, Kedua institusi juga bersepekat bahwa mengenai publikasi kegiatan ini, akan disampaikan ke para dosen,” kata Dede sembari menambahkan, untuk pendaftaran peserta bisa dilakukan di STIKES-BMG maupun Poltekkes Gorontalo. Karena dua institusi yang berkolaborasi menggelar Seminar Internasional ini sama-sama akan membuka Sekretariat di kampus masing-masing.(hms/bmg/roy)