Imam Mashudi, M.Pd

KAMPUS BMG – Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa adalah bagian dari masyarakat akademik kampus. Ketiganya memiliki peran masing-masing untuk memajukan kampus, baik sebagai institusi akademik maupun kekuatan moral penyeimbang kekuasaan formal. Sebenarnya ketiga unsur tersebut belumlah lengkap jika tidak melibatkan satu unsur lainnya, yakni keberadaan alumni. Alumni akan sangat penting bagi perguruan tinggi.  Alumni, bisa menaikkan nilai jual kampus.
Indikator nilai jual ini, setidaknya akan nampak pada animo masyarakat untuk masuk perguruan tinggi. “Kampus-kampus yang memiliki alumni yang sudah terbukti kiprahnya tentu lebih diminati oleh calon mahasiswa,” kata Ketua STIM Bisnis Gorontalo, Imam Mashudi, M.Pd.
Imam mengatakan, keberadaan alumni perguruan tinggi, juga akan membuka peluang bagi perguruan tinggi untuk bekerjasama dengan dunia industri maupun pemerintah. “Permintaan riset, keterlibatan sebagai konsultan, dan pengucuran donasi akan mengalir deras. Alumni menjadi jaminan reputasi kampus dan kehandalan sumber daya manusian (SDM). Alumni sangat berperan dalam pengembangan perguruan tinggi,” katanya.
Umpan balik alumni yang sudah malang-melintang dalam dunia professional, sangat penting bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi. Selain itu, akan lebih mudah karena ada faktor kedekatan, saran dan masukan dari alumni sendiri tentunya lebih murah dari pada harus menggunakan metode survey, kata Imam.
Kemudahan mendapatkan pekerjaan bagi lulusan baru itu tidak jarang, karena faktor relasi sealmamater, dan itu cukup mempengaruhi preferensi pemberi kerja. Keberadaan alumni yang sudah menduduki top management atau middle position management tentu merupakan berkah tersendiri bagi adik angkatannya. “Dengan berbagai nilai positif dari alumni, perguruan tinggi sudah sewajarnya mengelola hubungan yang baik dan intensif dengan para alumninya. Dalam banyak model, setidaknya hubungan ini terwujud melalui organisasi dan pertemuan,” kata Imam.(hms/bmg/roy)