KAMPUS BMG – Kehadiran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah (Gosulutteng), akan memberi dampak besar bagi percepatan dan pengembangan perguruan tinggi yang ada di tiga wilayah.
LLDikti Gosulutteng, merupakan pemekaran dari LLDikti yang ada di wilayah Sulawesi bagian selatan. Kehadiran LLDikti Gosulutteng yang berkedudukan di Gorontalo, akan memperpendek rentang kendali dan pelayanan bagi lembaga pendidikan tinggi yang ada di Gorontalo, Sulut dan Sulteng,” kata Dr. Ir. Azis Rachman, MM, yang menjadi salah satu tokoh pejuang pembentukkan LLDikti Gosulutteng.
Menurut Dr. Azis, yang bisa didapatkan perguruan tinggi, termasuk juga unsur-unsur yang ada di dalamnya, adalah kemudahan dalam proses pelayanan administrasi baik untuk pengurusan beasiswa dosen, sertifikasi dosen dan pelayanan lainnya.
Ketika fungsi LLDikti Gosulutteng berjalan efektif, maka pelayanannya berangsur-angsur akan setara dengan pelayanan yang ada di LLDikti Sulawesi bagian selatan, yang berkedudukan di Makassar. “Dan tentu saja, keberadaan LLDikti Gosulutteng ini, akan membuka peluang dan kemungkinan bagi perguruan tinggi di Sulawesi bagian utara, untuk terus berakselerasi dan berkembang,” kata Dr. Azis, yang juga Ketua Yayasan Bina Mandiri Gorontalo (YBMG).
LLDikti Gosulutteng yang berkedudukan di Gorontalo, juga akan memberi dampak pada meningkatnya mobilitas dan ekonomi. “LLDikti Gosulutteng yang Insyaallah secara resmi berkedudukan di Gorontalo ini, akan melayani sekitar 180 perguruan tinggi yang ada di wilayah Sulawesi bagian utara. Multiplier effect-nya akan sangat dirasakan. Dan yang terpenting adalah, kehadiran LLDikti di Gorontalo, juga membuka peluang bagi Gorontalo untuk menjadi pusat pendidikan,” kata Dr. Azis beberapa waktu lalu.