STIKES BINA MANDIRI GORONTALO

Manajemen Penanggulangan Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah dan Manajemen Pelayanan dalam Rumah Sakit, menjadi tema Kuliah Umum yang digelar STIKES Bina Mandiri Gorontalo, di kampus BMG. Dua narasumber, masing-masing Dr. Fridawaty Rivai, SKM., MARS dan dr. Irma Cahyani Ranti, dihadirkan pada Kuliah Umum kali ini.
“Materi yang dibawakan kedua narasumber pada Kuliah Umum ini, tentunya memberi manfaat besar. Banyak informasi penting, yang sifatnya edukatif, yang disampaikan oleh kedua narasumber. Mahasiswa bisa mengetahui banyak hal tentang bagaimana penanggulangan Demam Berdarah, yang muncul pada beberapa bulan belakangan baik di Gorontalo maupun di daerah lainnya di Indonesia,” kata Wakil Ketua STIKES-BMG, Dede Sutriono, S.Si.
Dede mengatakan, penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD), tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Melainkan perlu ada keterlibatan Perguruan Tinggi. “Semua informasi, pengetahuan dan pemahaman yang didapat dalam Kuliah Umum ini, perlu untuk diteruskan ke masyarakat. Dan tentu saja, ini bisa dilakukan Perguruan Tinggi melalui agenda-agenda Tridharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, misalnya, civitas akademika STIKES-BMG bisa menyampaikan kepada masyarakat tentang bagaimana penanggulangan DBD,” ungkap Dede.
Tentang bagaimana manajemen pelayanan di rumah sakit, sebagaimana yang diungkap narasumber pada kegiatan Kuliah Umum tersebut, menurut Dede, juga sangat penting bagi mahasiswa calon tenaga kesehatan. “Segala informasi yang disampaikan pemateri, terkait dengan manajemen pelayanan di rumah sakit, tentu akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk bagaimana menjadi tenaga kesehatan yang professional,” kata Dede.