KAMPUS BMG – Tidak hanya banyak berperan dalam internasionalisasi kampus, peran CCLC Bina Mandiri Gorontalo juga menyentuh pada pengembangan kapasitas alumni.
Saat ini, CCLC-BMG mulai merancang berbagai program terkait dengan pengembangan kemampuan calon lulusan maupun alumni.
“Lulusan tahun 2017-2018 akan dilakukan pendataan kembali, atau tracer study untuk melihat kualitas mereka dan juga seberapa besar kepuasan pengguna atau user dari lulusan STIM Bisnis Gorontalo. Dan kita akan melakukan evaluasi secara berkala,” kata Kepala CCLC-BMG, Ayu Anastasya Rachman, MA.
Beberapa upaya yang akan dilakukan CCLC-BMG ini, kata Ayu, akan berpengaruh terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan setiap periode. “Program lain yang akan kita laksanakan adalah studi banding dan juga seminar-seminar seperti pembuatan CV, pembuatan lamaran pekerjaan, interview dan strategi menghadapi interview pekerjaan,” kata Ayu.
Ayu juga mengungkapkan, jika CCLC-BMG akan mendata kembali kemitraan yang sudah dirintis. “Kita akan mencatat kembali mitra-mitra yang sudah kita bangun sebelumnya, seperti PT. Sido Muncul, PT. Kimia Farma dan juga Kalla Group. Ini dimaksudkan agar ke depannya, kita dapat melakukan perekrutan melalui pusat karir, terutama untuk perusahaan yang sudah melakukan penandatanganan MoU,” jelas Ayu. Sebelumnya, dalam penunjang program pengembangan karir alumni ini, STIM Bisnis Gorontalo mendapat hibah pengembangan layanan pusat karir lanjutan (tracer study) dari Kemristekdikti.(hms/bmg)


Kepala CCLC-BMG, Ayu Anastasya Rachman, MA, yang mewakili STIM Bisnis Gorontalo pada kegiatan bimtek penerima hibah pengembangan layanan pusat karir lanjutan, pekan lalu di Makassar.(foto_doc/hms/bmg)